Kamis, 07 Januari 2016

RPP VIRUS kurikulum 2013

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan pendidikan             : MAN Model Palangka Raya
Mata Pelajaran                   : BIOLOGI         
Kelas/semester                   : X / Ganjil
Alokasi waktu                   : 3 x 45 menit
Materi pokok                     : VIRUS

Kompetensi Inti:
KI 1  : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3:   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4:   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
A.  Kompetensi Dasar
3.3    Menerapkan pemahaman tentang virus berkaitan  tentang ciri, replikasi, dan peran virus dalam aspek kesehatan masyarakat

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK):
1.       Menjelaskan ciri-ciri virus yang meliputi sifat, ukuran, struktur virus dan replikasi virus pada daur litik dan lisogenik
2.       Menjelaskan klasifikasi dan peranan virus bagi kehidupan

Tujuan Pembelajaran
1.    Siswa dapat mendeskripsikan tentang ciri-ciri virus
2.    Siswa dapat memahami klasifikasi virus dan peranannya bagi kehidupan
B.  Materi Pembelajaran
Materi pokok          : VIRUS
Sub-sub materi       :  - Ciri-ciri virus
                                    - Klasifikasi virus
                                     - Peranan virus bagi kehidupan

C.  Metode Pembelajaran
Metode       :  DI (Direct Intruction)
                 Ceramah dan Diskusi

D.  Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Papan tulis dan spidol
2.    Buku SMA kelas X

E.  Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan pertama 1x45 menit)
1.    Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)
Ø Memberi salam dan pembukaan pembelajaran dengan mengucap basmalah
Ø Menyiapkan peserta didik sambil menyapa peserta didik untuk menciptakan keakraban
Ø Mengabsen kehadiran peserta didik dengan menanyakan ada atau tidaknya yang tidak masuk
Ø Guru memberikan apersepsi terkait dengan hubungan materi dengan kehidupan di sekitar
Ø Guru memberikan pengantar materi berupa hubungan apersepsi dengan materi yang akan dipelajari
Ø Guru menyebutkan topic materi dan tujuan pembelajarannya
2.    Kegiatan inti (30 menit)
-       Mengamati
Ø  Guru memberikan waktu peserta didik untuk mengamati gambar apersepsi yang terdapat pada buku bahan ajar
-       Menanya
Ø  Guru menanyakan tentang hubungan gambar apersepsi terhadap materi yang akan dipelajari, dan segera mempersilahkan bagi peserta didik untuk berpendapat.
-       Mengeksplorasi
Ø  Guru memberikan penjelasan singkat tentang hubungan gambar apersepsi dengan materi yang akan dipelajari
Ø  Guru kemudian memberikan waktu kembali untuk peserta didik bereksplorasi terhadap gambar yang terkait tentang penjelasan ciri-ciri struktur virus dan memberikan penguatan pemahaman terhadap hasil eksplorasi dari peserta didik tersebut
-       Mengasosiasi
Ø  Guru melanjutkan penjelasan terkait ciri, bentuk, struktur dan replikasi virus sebagai penguatan pemahaman
Ø  Dan kemudian memberikan kesempatan peserta didik untuk menanyakan apabila ada yang kurang dipahami
-       Mengkomunikasikan
Ø  Memberikan beberapa kesimpulan terkait materi yang dibahas pada pertemuan kali ini dengan sedikit mengaitkan dengan peristiwa yang pernah terjadi di kehidupan nyata
3.    Kegiatan penutup (5 menit)
Ø   Guru melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas individual berupa tugas sebagai cara untuk membimbing peserta didik agar belajar dirumah
Ø   Guru menyampaikan topic bahasan pada pertemuan selanjutnya
Ø   Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan hamdalah serta salam

F.   Langkah-langkah Pembelajaran (Pertemuan kedua 2x45 menit)
1.      Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit)
Ø Memberi salam dan pembukaan pembelajaran dengan mengucap basmalah
Ø Menyiapkan peserta didik sambil menyapa peserta didik untuk menciptakan keakraban
Ø Mengabsen kehadiran peserta didik dengan menanyakan ada atau tidaknya yang tidak masuk
Ø Guru memberikan apersepsi, dengan menanyakan dan mengulang sedikit materi yang telah disampaikan sebelumnya
Ø Guru memberikan motivasi dan menyampaikan pembelanjaran yang akan dipelajari
2.      Kegiatan Inti (70 menit)
-       Mengamati
Ø  Guru memberikan waktu peserta didik untuk mengamati dan membaca yang terkait tentang klasifikasi virus
-       Menanya
Ø  Guru menanyakan tentang perbedaan-perbedaan yang terdapat pada setiap pengklasifikasian virus tersebut dan segera mempersilahkan peserta didik untuk berpendapat
-       Mengasosiasi
Ø  Guru memberikan penguatan penjelasan tentang klasifikasi virus tersebut sambil nmelontarkan sedikit pertanyaan untuk menguji kepemahaman peserta didik
Ø  Setelah peserta didik memberikan respon bahwa mereka telah paham, guru melanjutkan penjelasan pada peranan virus dalam kehidupan baik pada yang menguntungkan maupun merugikan
-       Mengkomunikasikan
Ø  Memberikan beberapa kesimpulan terkait materi yang dibahas pada pertemuan kali ini dengan sedikit mengaitkan dengan peristiwa yang pernah terjadi di kehidupan nyata, terutama pada peranan-peranan virus yang penting diketahui dalam kehidupan ini.
Ø  Menyampaikan sedikit dalil yang berhubungan dengan virus dan yang berperan merugikan dalam kehidupan sebagai bentuk nasehat pada peserta didik
3.   Kegiatan Penutup (10 menit)
Ø Guru melakukan evaluasi pembelajaran dengan melemparkan pada beberapa tentang hasil kesimpulan apa yang didapat oleh peserta didik pada pertemuan kali ini
Ø Menginformasikan agar peserta didik lebih giat belajar terkait pertemuan berikutnya ialah UTS mulai materi BAB I hingga BAB III tentang Virus
Ø Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan hamdalah serta salam

G. Penilain Hasil Belajar
1.    Observasi ceklis lembar pengamatan kegiatan eksperimen
Lembar Pengamatan Sikap Peserta Didik
No
Nama Peserta Didik
Indikator Sikap
Nilai Rata-Rata
Bertenggung jawab
Jujur
Santun dalam berkomunikasi
Percaya diri
Kedisiplinan dalam tugas
Note: Setiap aspek menggunakan skala 1 s.d 5
1   = Sangat Kurang, 2 = Kurang, 3 = Cukup, 4 = Baik, 5 = Amat Baik




LAMPIRAN MATERI DAN SOAL
Virus mempunyai sifat-sifat yang membedakannya dari mikroorganisme
yang lain, yaitu:
1. dalam tubuh virus terkandung salah satu asam nukleat, DNA atau RNA saja;
2. dalam proses reproduksinya, hanya diperlukan asam nukleat;
3. berukuran sangat kecil sekitar 20 – 300 milimikron;
4. virus tidak memiliki kemampuan untuk memperbanyak diri di luar sel-sel hidup, dapat dikatakan virus bukanlah makhluk hidup yangmandiri, melainkan makhluk hidup yang memanfaatkan sel-sel hidup untuk memperbanyak diri;
5. multiplikasi terjadi pada sel-sel hospes;
6. dapat dikristalkan (sebagai benda tak hidup) dan dapat dicairkan kembali.
Virus dapat berbentuk oval, batang (memanjang), huruf T, dan dapat juga berbentuk bulat. Virus memiliki struktur yang sangat sederhana. Virus hanya terdiri dari materi genetik berupa DNA atau RNA yang dikelilingi oleh suatu protein pelindung yang disebut kapsid. Kapsid dibangun oleh subunitsubunit yang identik satu sama lain yang disebut kapsomer. Bentuk kapsomer-kapsomer ini sangat simetris dan suatu saat dapat mengkristal. Pada beberapa virus, seperti virus herpes dan virus influenza, dapat pula dilengkapi oleh sampul atau envelope dari lipoprotein (lipid dan protein). Pembungkus ini merupakan membran plasma yang berasal dari sel inang virus. Suatu virus dengan materi genetik yang terbungkus oleh pembungkus protein disebut partikel virus atau virion. Virus bukan sel atau makhluk hidup karena tidak memiliki
sitoplasma dan organel sel tidak melakukan metabolisme serta berukuran sangat kecil sehingga tidak mungkin memiliki struktur sel.
Peran Virus dalam Kehidupan
DNA sebagai pembawa materi genetik dapat mengubah sifat makhluk hidup. Dalam siklus lisogenik, penggabungan DNA bakteri dan DNA virus menjadikan DNA bakteri mengandung DNA virus. Pada saat DNA virus aktif dan DNA bakteri hancur, sebagian DNA bakteri tidak hancur sehingga sebagian DNA virus tetap membawa gen bakteri. Jika di dalam DNA virus terkandung DNA bakteri A dan DNA virus tersebut menginfeksi bakteri B, di dalam bakteri B mengandung DNA virus dan DNA bakteri A. Dengan demikian, sebagian sifat bakteri A dapat dimiliki oleh bakteri B. Berdasarkan teori di atas, virus dapat berperan dalam berbagai hal.
a. Memproduksi Vaksin
Vaksin merupakan patogen yang telah dilemahkan sehingga tidak berbahaya jika menyerang manusia. Ada beberapa virus yang dimanfaatkan untuk memproduksi vaksin. Jika telah diberi vaksin, tubuh manusia akan dapat memproduksi antibodi sehingga jika sewaktu-waktu terserang patogen yang sebenarnya, tubuh manusia tersebut telah kebal karena di dalam tubuhnya telah diproduksi antibodi patogen tersebut.
b . Membuat Antitoksin
Antitoksin dapat dibuat dengan menggabungkan DNA virus dan gen yang mempunyai sifat menguntungkan sehingga jika virus menginfeksi bakteri, di dalam sel bakteri tersebut terkandung gen yang menguntungkan. Gen manusia adalah gen yang menguntungkan yang dapat mengendalikan produksi antitoksin. Jika oleh DNA virus, DNA manusia disambungkan dengan DNA bakteri, sel bakteri tersebut akan mengandung gen manusia penghasil antitoksin. Jadi, yang mulanya gen bakteri tidak mengandung antitoksin manusia, sekarang mampu memproduksi antitoksin manusia. Pembelahan akan terus-menerus dilakukan oleh bakteri. Setiap bakteri baru dipastikan mengandung antitoksin yang dihasilkan oleh DNA manusia. Antitoksin dapat dipisahkan dan dimanfaatkan untuk pelawan penyakit pada manusia. Dengan rekayasa genetik, dapat dikatakan bahwa virus dapat dimanfaatkan sebagai perantara gen manusia atau gen makhluk hidup lainnya untuk masuk ke dalam sel bakteri agar sel bakteri tersebut membawa sifat gen manusia atau gen makhluk hidup lain.



SOAL PILIHAN GANDA
Berilah tanda silang (X)  pada salah satu huruf a, b, c, d, atau e di depan jawaban yang paling tepat.

1.      Virus memiliki sifat seperti layaknya makhluk hidup yaitu memiliki asam nukleat dan mampu memperbanyak diri. Namun, virus juga dikatakan tidak termasuk makhluk hidup karena beberapa alasan, diantaranya adalah…
a)      Virus tidak bisa beradaptasi dengan lingakungannya
b)      Virus dapat dikristalkan dan tidak bisa memperbanyak diri tanpa sel inang
c)      Virus mampu bereproduksi
d)     Virus hanya berdiam diri layaknya benda mati
e)      Virus tidak sama seperti bakteri sebagai makhluk hidup yang jelas

2.      Proses penggandaan oleh virus yang bertujuan untuk berkembang biak yang dilakukan harus dengan menginfeksi sel hidup atau inang misalnya bakteri, sel tumbuhan maupun sel hewan. Proses ini disebut,…
a)      Daur litik                                                   d) Daur lisogenik
b)      Replikasi                                                   e) Reproduksi
c)      Sintesis

3.      Poxyvirus adalah salah satu contoh virus yang berbentuk kompleks dan lebih lengkap dibandingkan dengan virus lainnya yaitu virus yang berbentuk helical maupun icosahedral. Virus inilah yang menyerang pada manusia dan mengakibatkan penyakit,…
a)      Kulit                                                          d) Influenza
b)      HIV AIDS                                                            e) Cacar
c)      Hepatitis

4.      Dibawah ini adalah salah satu contoh nama virus yang menyerang pada tumbuhan misalnya pada tanaman tembakau, adalah,…
a)        Rhabdovirus                                            d) Ebola Virus
b)      Poxyvirus                                                  e) Paramyxovirus
c)      Tobacco Mozaic Virus (TMV)
5.      Keberadaan virus sebagai ciptaan Tuhan di semesta ini, tidak selamanya bersifat merugikan. Dengan pola pikir dan ilmu pengetahuan manusia yang semakin tinggi, virus juga bisa menjadi menguntungkan bagi manusia karena dapat digunakan untuk,…
a)      Pembuatan bahan-bahan kimia
b)      Merusak pertumbuhan tanaman-tanaman
c)      Pembuatan vaksin, biopestisida, dan peta kromosom
d)     Bahan penelitian ilmuan
e)      Mematikan banyak hewan terutama unggas.



KUNCI JAWABAN

1. a) Virus dapat dikristalkan dan tidak bisa memperbanyak diri tanpa sel inang
2. b) Replikasi
3. e) Cacar
4. c) Tobacco Mozaic Virus (TMV)

5. c) Pembuatan vaksin, biopestisida, dan peta kromosom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar